-

Keterkaitan Steins; Gate dan Robotics; Notes DASH [ Science Adventure Series ]

 * Catatan: Artikel ini berisi spoiler besar – tidak hanya untuk Steins; Gate tetapi juga untuk Robotics; Notes DASH juga.

Setelah banyak tragedi yang menghancurkan jiwa dan lompatan yang tak terhitung jumlahnya ke masa lalu, ilmuwan gila gadungan Rintaro Okabe datang ke akhir petualangan besarnya. Dia tidak hanya berhasil menyelamatkan dunia – mengatur garis waktu pada jalur yang tidak berakhir dengan distopia atau planet yang dilanda perang – tetapi juga berhasil menyelamatkan nyawa dua orang yang paling penting baginya: sahabat masa kecilnya, Mayuri dan wanita yang dicintainya, jenius ilmiah Kurisu. Tapi apa yang terjadi selanjutnya?

 

 
 
Bertahun-tahun sejak Steins; Gate keluar, kami mendapatkan dua sekuel langsung. Yang pertama adalah episode OVA Egoistic Poriomania . Berlangsung beberapa minggu setelah adegan terakhir di Steins; Gate (Oktober 2010), mengikuti Okabe – dan anggota lab lainnya - pergi ke Las Vegas. Di sana, dia bertemu kembali dengan Kurisu – yang bingung dengan potongan ingatan yang dia miliki dari garis waktu lain dan apa artinya hubungan mereka di masa depan.
 
 

 
Sekuel kedua adalah Steins; Gate: The Movie - Load Region of Déjà Vu [ Fuka Ryouiki no Déjà vu ]. Ditetapkan setahun kemudian, ini berkaitan dengan dampak pribadi dari penggunaan besar-besaran Okabe atas perjalanan waktu saat dia menemukan dirinya keluar dari garis waktu saat ini - meninggalkan orang lain tanpa ingatan bahwa dia pernah ada di tempat pertama. Oleh karena itu, terserah pada Kurisu, yang dipimpin oleh rasa penasaran déjà vu, untuk mencoba menyelamatkan pria yang dicintainya – meskipun dia tidak dapat mengingatnya.

Bahkan dengan dua sekuel langsungnya, kami hanya melihat kehidupan Okabe hingga 2011. Namun, itu bukanlah akhir dari ceritanya. Dengan popularitasnya yang luar biasa, tidak mudah untuk melupakan bahwa Steins; Gate dan spin-off-nya sebenarnya adalah bagian dari seri yang lebih besar dari Science Adventure Series


Sementara setiap iterasi dalam Science Adventure Series berlangsung dalam garis waktu yang sama – tepatnya “Steins; Gate Worldline” - mereka cenderung agak terpisah satu sama lain. Tentu, orang-orang jahat dalam beberapa hal selalu terkait dengan "Committee of 300" yang misterius dan karakter dari karya-karya masa lalu dalam seri ini sering kali memiliki semacam cameo di luar layar seperti berada di ujung lain panggilan telepon atau membuat pos online, tetapi ketika sampai pada tantangan yang dihadapi setiap pemeran karakter, mereka sebagian besar sendirian.

Selama bertahun-tahun, persilangan terbesar yang menghubungkan game melibatkan Nae Tennouji. Karakter sampingan anak kecil di Steins; Gate, dia muncul sepenuhnya sebagai salah satu pemeran utama di Robotics; Notes. Tapi game terbaru dalam seri, Robotics; Notes DASH, berisi persilangan yang membuat Nae keluar dari air.

 

Robotics; Notes DASH berlangsung pada tahun 2020 – enam bulan setelah berakhirnya Robotics; Notes dan sembilan tahun sejak Wilayah Beban Déjà Vu. Ini mengikuti tangan kanan Okabe, Itaru “Daru” Hashida saat dia melakukan perjalanan ke Pulau Tanegashima (setting Robotics; Notes) untuk memulihkan beberapa teknologi penting

Untuk sebagian besar game, Daru dan Nae mengacu pada Okabe — meski tidak pernah dengan namanya. Mereka bahkan bertanya-tanya apakah yang terjadi adalah "Takdir Steins;Gate" - mengutipnya secara langsung. Tapi sementara semua karakter Steins; Gate lainnya terus-menerus mengomentari situasi Daru saat ini melalui twitter (ketika mereka tidak hanya memposting tentang hal-hal acak) Okabe mencolok absen – sebagai gantinya tidak lain adalah anonim yang menyemburkan Hououin Kyoma-esque kalimat yang hanya ingin ditanggapi oleh Luka.

Baru setelah kita mencapai rute akhir permainan yang sebenarnya (terjadi setelah rute umum dan rute Akiho) barulah kita mengetahui apa yang telah dilakukan Okabe selama sembilan tahun terakhir ini.

 

Seperti yang diharapkan, mengingat percobaan perjalanan waktu, peristiwa Steins; Gate mengubah Okabe selamanya. Lebih dari segalanya, dia bertekad untuk melindungi Garis Dunia Gerbang Steins – satu-satunya tempat Mayuri dan Kurisu bisa hidup damai.

Dia menceburkan diri untuk mempelajari dan memperluas pengetahuannya. Hal ini, pada gilirannya, membawanya untuk belajar di luar negeri — mungkin di Universitas Victor Chondria bersama Kurisu. Di sana, ia mulai bergerak di lingkaran yang sama dengan sejumlah ilmuwan asing jenius - termasuk Maho dari Steins; Gate 0.

Akhirnya, dengan menggunakan apa yang telah dia pelajari selama waktunya di Alpha Worldline dan hasil dari pendidikannya yang terus berkembang, dia mampu membangun pengukur divergensi. Saat itulah dia menemukan sesuatu yang mengerikan dan berpotensi menyelamatkan dunia. Sementara sebagian besar waktu angka tersebut bertahan di 1.048596 normal, ada kalanya beberapa angka terakhir akan mulai berfluktuasi. Okabe mulai memahami bahwa ini hanya terjadi sebelumnya yang mungkin dapat melumpuhkan aliran waktu dari Steins; Gate Worldline dan masuk ke attractor field terdekat.

Ini, tentu saja, adalah pemikiran yang menakutkan, namun, bagi Okabe, itu berarti dia sekarang memiliki sistem peringatan dini bahwa ada sesuatu yang sangat salah di dunia ini - sesuatu yang bisa merampas akhir bahagia yang dia peroleh dengan susah payah. Dan untungnya baginya, sementara tidak ada orang lain yang dapat melihat fluktuasi ini (karena mereka tidak memiliki Reading Steiner-nya), Daru dan teman-temannya yang lain mempercayainya 100% ketika dia mengatakan itu terjadi dan mulai mencari ancaman dengan sungguh-sungguh.

Rute akhir yang sebenarnya berpusat di sekitar satu keadaan darurat tersebut. Daru, setelah berakhirnya rute Akiho, telah kembali ke Tokyo dan menghabiskan beberapa hari bersama keluarganya. Saat itulah dia membuka email satu baris dari Okabe yang saat ini sedang pergi mengunjungi Amerika: "Garis dunia sedang berfluktuasi." Segera menjadi jelas mengapa. Seseorang telah meretas beberapa superkomputer terkuat di dunia – dan sekarang menggunakan kekuatan pemrosesan yang ditingkatkan untuk mengganggu sistem komputer di seluruh dunia. Hal ini pada gilirannya menyebabkan kerusakan besar dalam infrastruktur di seluruh dunia yang mengarah pada ancaman kelaparan yang nyata bahkan di negara-negara dunia pertama.

Setelah menerima permintaan mendesak untuk bantuan dari Robotics; Notes kids – dan kembali ke Pulau Tanegashima untuk membantu – menjadi jelas apa yang terjadi: salinan tersisa dari Robotic; penjahat Notes Kou Kimijima telah mulai memberlakukan rencana gencodal terbarunya.

Dengan dunia dalam krisis karena semakin banyak superkomputer di dunia yang berada di bawah kendali Kou, jalur telepon turun. Namun, Okabe mampu menyampaikan pesan tertulis kepada Daru. Dia menegaskan bahwa pemikiran Daru sendiri tentang apa yang harus dilakukan adalah benar dan mengingatkannya bahwa dia bukan hanya Super Hacker Daru tetapi dia juga dapat mengandalkan dukungan dari Anggota Lab - bahwa mereka dengan senang hati akan memberikan segalanya untuk membantunya.
 

Sebagai tanggapan, Daru menempatkan Frau dan Maho dalam kontak langsung, meninggalkan Anggota Lab untuk melakukan dukungan di luar lokasi sementara Klub Robotics bersiap untuk membawa pertempuran ke Kou secara langsung.

Ini terakhir kali kami mendengar langsung dari Okabe dalam cerita. Namun, melihat semua yang telah terjadi, setelah hari itu terselamatkan, Daru membuat keputusan. Dia mengumpulkan anggota Klub Robotics bersama-sama dan mengatakan dia memiliki beberapa orang yang ingin dia perkenalkan kepada mereka. Dan ketika mereka bertanya siapa sebenarnya, Daru mulai menceritakan semua kisah musim panas satu dekade lalu: kisah Steins; Gate.