-

Resident Evil 4 [ Ada Wong Separate Ways ]

Ada tiba di desa yang tampaknya sekitar waktu yang sama dengan Leon. Setelah melawan sepasang Ganados, Ada dihubungi oleh Wesker dan diperintahkan untuk membunyikan lonceng gereja untuk menenangkan penduduk desa. Dia kemudian memperhatikan Leon. disergap oleh sekelompok penduduk desa. Ada kemudian menuju ke gereja sambil menghindari kontak dengan Leon dan secara efektif membunyikan bel, yang pada gilirannya menyelamatkan Leon dari serangan Ganado. Ketika kami selanjutnya melihat Ada, dia sedang mencari buku tentang penduduk desa di rumah Bitores Mendez ketika dia mendapat panggilan lain dari Wesker.

Dia memberi tahu bahwa informan mereka, Luis Sera
, telah ditangkap oleh Ganados dan ditahan di kabin. Karena dia perlu mendapatkan akses ke sampel Plaga Ada dikirim untuk menyelamatkannya. Ada tiba tepat pada waktunya untuk melihat Luis dan Leon dipindahkan ke lokasi baru. Dalam perjalanan kembali ke rumah Bitores, dia menyaksikan Leon diserang oleh Bitores dan mengintervensi, membuatnya mengejarnya dan bukannya melukai Leon lebih jauh.

Dia berjalan kembali dari rumah dan ditenangkan oleh Ganado yang menemani pihak Bitores mengejarnya. Dia bangun beberapa saat sebelum akhirnya bertemu dengan kapak. Dia kemudian bertemu dengan Luis setelah serangan kabin dan dia memberi tahu bahwa dia pergi untuk mengumpulkan sampel.

Ada kemudian mengungkapkan dirinya ke Leon di dalam kastil, kemudian setelah percakapan singkat, lolos ke labirin lindung nilai di luar dan menerima pesan lain dari Wesker yang memberitahunya untuk mengambil sampel dari Luis, dan jika dia bertemu dengannya, untuk menghilangkan Leon. Sementara melakukan yang terbaik untuk menghindari Leon, ia bertemu dengan Luis tepat pada waktunya untuk melihat Saddler membunuhnya dan mengambil kembali sampel Ada dan Jack Krauser kemudian bertemu di menara radio pulau itu.

Wesker kemudian mengontaknya dan memberi tahu bahwa Krauser sekarang di bawah perintah untuk membunuh Leon. Ada membuat jalannya ke tempat keduanya bertempur dan menembak pisau keluar dari tangan Krauser, yang hanya beringsut dari dadanya. Setelah perjuangan Leon dengan Krauser, Ada melaporkan kematian Krauser ke Wesker. Dia kemudian bertemu dengan Leon yang, sementara berada di bawah kendali Plaga, menyerang Ada. Segera setelah dia diserang oleh tidak lain dari Krauser yang bermutasi, yang tidak jatuh dalam pertempuran ke Leon.

Tidak ingin berurusan dengan melaporkan seorang pria yang hidup mati ke Wesker, ia menyelesaikan Krauser sekali dan untuk selamanya. Ada kemudian tiba melalui pintu masuk balkon di ruang tahanan Ashley, dan mengalihkan perhatian Saddler sementara Leon dan Ashley melarikan diri. Berpikir dia mengalahkan Saddler, Ada mencoba mengambil sampel Plaga, hanya untuk diselinap dan ditangkap oleh Saddler. Dilepaskan dari penangkaran oleh Leon, Ada ras untuk mendapatkan peluncur roket untuk membantu perjuangan Leon dalam pertempuran (mencerminkan bantuannya untuk Leon kembali ke Resident Evil 2 dengan konsep serupa).

Setelah pertempuran Ada mencuri contoh Las Plaga yang diperoleh Leon dari Saddler yang kalah. Dia kemudian membuat dia melarikan diri dari pulau itu melalui helikopter dan memberikan kunci Leon ke jet-ski untuk melarikan diri dengan Ashley karena Ada yang membuat pulau itu meledak. Dalam adegan terakhir dari laporannya, Ada menyatakan bagaimana Organisasi ke-3 menginginkan sampel Plaga untuk dirinya sendiri, bahwa dia diperintahkan untuk berpura-pura bekerja dengan Wesker yang dia temukan "menghibur" dan bahwa dia bermaksud mengirim Wesker sampel yang berbeda seperti yang diperintahkan. Dia kemudian menyatakan bahwa "Wesker tidak bodoh, bahwa dia tahu persis apa yang Organisasi sedang rencanakan, dan bahwa misi mungkin berakhir tetapi pertempuran baru saja dimulai"